Senin, 12 Januari 2015

MANAJEMEN ASET - CHAPTER 04



PERENCANAAN KEBUTUHAN ASET

Seperti dalam siklus alur aset yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa alur pertama dalam siklus tersebut merupakan perencanaan kebutuhan aset.

Planning atau perencanaan menurut Mohammad Zain (2008:68) adalah salah satu unsur manajemen yang secara tidak langsung menyatakan bahwa manajer harus terlebih dahulu memikirkan segala sesuatunya dengan matang berkenaan dengan tujuan dan tindakannya.

Adapun tujuan dari perencanaan  (Sugiama, 2013) adalah untuk :

  • Memperjelas arah atau clarify direction
  • Memotivasi karyawan
  • Mempertinggi efisiensi sumberdaya, dan
  • Menyediakan cara untuk menentukan kemajuan atau peningkatan.

Sehingga perencanaan kebutuhan aset sendiri termasuk salah satu kegiatan yang dimana pada alur ini sebuah perusahaan ataupun instansi merencanakan kebutuhan-kebutuhan apa yang sedang dibutuhkan / diperlukan. Dan mencari informasi akan kebutuhan yang sedang dibutuhkan / diperlukan tersebut, hal ini berfungsi agar sebuah perusahaan mendapatkan kebutuhan yang sesuai dan tepat dengan perencanaan pada alur pengadaan aset nanti.

Pada tahap awal perencanaan harus menentukan rencana strategis (Renstra) perusahaan, menterjemahkan strategi tersebut ke daalam rencana aksi / kegiatannya yang dinamakan actions plans. Secara umum siklus dalam sebuah perencanaan pengadaan aset dapat digambarkan Gambar 1.



                       Proses Umum Perencanaan Kebutuhan Aset (Sugiama, 2013)
                                                         (Rezli, 2015)

Setiap organisasi baik swasta maupun pemerintah tentu membutuhkan aset. Setiap kebutuhan aset perlu direncanakan sesuai dengan  rencana induk, rencana institusi, rencana kerja tahunan, rencana anggaran organisasi bersangkutan. Seluruh rencana dapat direalisasikan melalui pengajuan proposal yang anggarannya ssesuai dengan pagu anggaran yang ditetapkan organisasi bersangkutan untuk pengadaan aset bersangkutan.

Daftar Rujukan :
- Sugiama, A. Gima (2013). Manajemen Aset Pariwisata. Bandung: Guardaya Intimarta, Edisi 1.
- Zein, Mohammad (2008). Manajemen Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat, Edisi 3. [online] tersedia: https://books.google.co.id/books?id=8_dGZ7w3nsgC&pg=PA15&dq=perencanaan+manajemen&hl=en&sa=X&ei=jWW3VPfuJoWSuASryYKoDg&redir_esc=y#v=onepage&q=perencanaan%20manajemen&f=false. Diunduh pada tanggal 15 Januari 2015 pukul 15.12
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar