Minggu, 21 September 2014

MANAJEMEN ASET - CHAPTER 01

PENGERTIAN MANAJEMEN ASET 

Seringkali kita mendengar kata "Manajemen", tapi tahukah anda apa itu Manajemen Aset ?. Mungkin untuk beberapa khalayak baru mendengar apa itu manajemen aset, dan mungkin juga sebagian dari para khalayak sekalian sudah mengetahui apa arti dari manajemen aset. Untuk lebih mengenal lebih dekat apa itu manajemen aset, mari kita kenal lebih dahulu definisi dari manajeman dan definisi aset.


Definisi Manajemen 
''management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and controlling, utilizing in each both acience and art, and followed in order to accomplish  predetermined objective.'' (George R. Terry dalam Sugiama, 2013)

Definisi Aset

Aset ialah sumber penghasilan atas usahanya sendiri, dimana karakteristik yang dimilikinya yaitu memberikan jasa atau manfaat dimasa yang akan datang. (Weygandt, 2007:11-12)

Setelah memahami definisi manajemen dan definisi aset maka kita dapat mengetahui apa itu manajemen aset. Berikut pengertian manajemen aset menurut beberapa ahli :

1. Menurut Dr. A. Gima Sugiama manajemen aset adalah ilmu dan seni untuk memandu pengelolaan kekayaan yang mencakup proses merencanakan kebutuhan aset, mendapatkan, menginventarisasi, melakukan legal audit, menilai, mengoperasikan, memelihara, membaharukan atau menghapuskan hingga mengalihkan aset secara efektif dan efisien. (Sugiama, 2013:15)

  • Efektif adalah pencapaian hasil yang sesuai dengan tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Efisien adalah pengeluaran sumber daya serendah mungkin dalam menghasilkan hasil yang maksimal.

2.  Adapun pengertian manajemen aset menurut Hastings

 Asset Management is the set of activities associated with :

  • Identifying what assests are needed,
  • Identifying funding requirements,
  • Acquiring assets,
  • Providing logistic and maintenance support systems for assets
  • Disposing or renewing assets
so as to effectively and efficiently meet the desired objective.(Hastings, 2009:4) 
 

3. Menurut Paralez dan Muto manajemen aset adalah "Asset Management is a way of doing business that maximizes the public's return on their investment in utility infrastructure by implementing utility-wide strategies that emphasize reliability in the assets and processes so that the desired levels of service are provided to our customers in the most cost effective manner." (Paralez dan Muto dalam Grigg, Neil. S , 2012:64)
 


Daftar Rujukan :
-Grigg, Neil. S (2012). Water, Wastewater, and Stormwater Infrasturcture Management, Second Edition. London: IWA Publishing.
- Hastings, Nicholas AJ (2009). Physical Asset Management. Melbourne: Springer. 
- Sugiama, A. Gima (2013). Manajemen Aset Pariwisata. Bandung: Guardaya Intimarta, Edisi 1. 
- Weygandt (2007:11-12), 9 Desember 2014, 03.33, sumber: http://anam-fkip.blogspot.com/2012/11/pengertian-aktiva-aset-menurut-para-ahli.html.






1 komentar:

  1. subhanallahhh bagus ini blog rezly, ditunggu ya postingan selanjutnya..!!

    BalasHapus